OM SWASTYASTU SELAMAT DATANG DI BLOG PASRAMAN PURNALINGGA

Jumat, 20 Juni 2014

Surya Namaskar

Surya Namaskar (Sun Salutation) yang sangat biasa dilakukan di kebanyakan bentuk yoga, awalnya merupakan ritual penyembahan kepada Surya, dewa Veda surya. Surya, dewa Hindu surya dengan berkonsentrasi pada Matahari, untuk vitalisasi.

http://t3.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcQyc8YDajbTLwpKLA6qL0P54FypI-2XvXSlIrXC_W9kpY8Qton1Dalam pengajaran Hindu, matahari adalah “mata dunia” (loka chakshus) yang artinya melihat dan menyatukan semua sendiri, gambar dan jalan menuju ilahi.
Salah satu cara menghormati matahari adalah melalui “asana” urutan postur dinamis Surya Namaskar (lebih dikenal sebagai Sun Salutation). Namaskar dalam bahasa Sanskerta berasal dari Namas, yang berarti “untuk tunduk pada” atau “untuk dipuja.” (Ungkapan yang akrab digunakan untuk menutup kelas yoga yaitu, namaste-te berarti “Anda”-juga berasal dari akar ini.) Setiap Sun Salutation dimulai dan diakhiri dengan tangan-bergabung mudra (gesture) menyentuh ke jantung. Penempatan ini tidak kebetulan, hanya hati dapat mengetahui kebenaran.
Tempat duduk kebijaksanaan para yogi ada di dalam hati, yang biasanya diasosiasikan dengan emosi kita, dan bukan otak. Dalam yoga, otak sebenarnya dilambangkan dengan bulan, yang memantulkan cahaya matahari tetapi tidak menghasilkan cahaya sendiri. Ini jenis pengetahuan yang berharga untuk menangani urusan duniawi, dan bahkan perlu sampai batas tertentu untuk tahap yang lebih rendah dari latihan spiritual.
Dari pembahasan diatas saya mengambil kesimpulan bahwa Surya Namaskar adalah Tunduk dan Menyembah kepada Matahari. Seperti penjelasan sebelumnya pengertian matahari “mata dunia” adalah gambaran emosi kita. Emosi yang ditundukkan lebih rendah sehingga hati kita menjadi bersih.
Dalam melakukan Surya Namaskar terdapat 8 postur dasar, yaitu:
- Tadasana (Mountain Pose)
- Urdhva Hastasana (Upward Salute)
- Uttanasana (Standing Forward Bend)
- Lunge
- Plank Pose
- Chaturanga Dandasana (Four-Limbed Staff Pose)
- Urdhva Mukha Svanasana (Upward-Facing Dog P
- Adho Mukha Svanasana (Downward-Facing Dog Pose ose)
(mw/pl/gg/wp)

0 komentar:

Posting Komentar